Gejala Awal Stroke Telinga

9 Gejala Awal Stroke Telinga dan Tips Efektif Mengatasinya

Gejala awal stroke telinga – Awalnya, gejala stroke telinga ditunjukkan dengan tanda telinga terus berdenging tanpa ada rangsangan suara dari luar ( disebut tinnitus ) . Rasa sakit pada bagian telinga juga biasanya akan dirasakan oleh penderita stroke telinga.

Gejala Awal Stroke TelingaNamun, Kebanyakan orang mungkin akan mengira jika kedua gejala tersebut merupakan tanda infeksi telinga biasa.

Padahal, jika keluhan tersebut sering terjadi harusnya Anda sudah menaruh curiga jika ada sesuatu yang tidak beres pada organ pendengaran Anda.

Terutama jika dengungan tersebut muncul setelah Anda mengenakan earphone atau headset dengan volume yang cukup keras tiba-tiba tidak bisa mendengar dalam waktu lama disertai munculnya rasa sakit yang tak tertahankan, baiknya jangan tunda lagi untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Karena harus selalu Anda ingat, jika paparan suara bising yang melebihi batas toleransi pendengaran dalam waktu lama dan terus menerus bisa memicu terjadinya stroke telinga.

Bahkan para ahli dari Leicester University, seperti dikutip MedicalNewsToday memaparkan, jika mengubah volume pada pelantang suara Anda pada level tinggi bisa merusak lapisan sel saraf.

Dan suara yang melebihi ambang batas bisa menyebabkan ketulian sementara.

Hal mengejutkan pun di ungkap oleh David Newman, seorang profesor neurologi dan THT di Johns Hopkins University School of Medicine, Amerika Serikat , setelah Ia memeriksa seorang pasien berkebangsaan inggris yang mengeluhkan rasa sakit pada telinganya.

Bliau mengungkap “Jika hal ini memang mengejutkan. Tetapi, infeksi telinga yang menjadi tanda awal stroke disebabkan karena adanya gejala vertigo. Gejala ini menyerang batang otak yang menghubungkan otak ke sumsum tulang belakang dan otak kecil. Kedua bagian otak ini merupakan pusat pengontrolan keseimbangan dan telinga bagian dalam pun juga pusat pengontrol keseimbangan,”

Selain gejala tersebut, stroke telinga juga biasanya diawali dengan gejala:

  • Telinga terus berdenging
  • Sakit pada bagian telinga
  • Vertigo ( Pusing seperti berputar-putar )
  • Tuli di salah satu telinga
  • Mati rasa di satu sisi wajah
  • Kesemutan
  • Kelemahan di salah satu tangan atau kaki
  • Sakit kepala
  • Kesulitan untuk bicara atau menelan

Dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter atau pusat kesehatan terdekat jika Anda atau orang terdekat mulai merasakan gejala-gejala tersebut.

Hal tersebut guna menghindari masalah serius salah satunya ketulian permanen, serta merembet pada komplikasi lain yang bisa saja terjadi dan akan sangat membahayakan kesehatan tubuh Anda.

Tips dan Langkah Efektif Mencegah serta Mengatasi Gejala Stroke Telinga

  1. Hindari volume tinggi saat memakai alat pendengaran seperti headset atau earphone
  2. Tidak berbagi alat pendengar dengan orang lain ataupun sebaliknya
  3. Tidak mengenakan pelantang suara ( earphone / headset ) yang ukurannya kecil
  4. Istirahat kurang lebih 15-30 menit

Demikianlah informasi singkat tentang tanda dan gejala awal stroke telinga beserta tips dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda.

Sumber : Dari berbagai sumber

Sponsored by :

Gamat Emas Kapsul Obat Stroke Telinga

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*