Cara Mengobati Eritema Multiformis Minor dan Major Hingga Sembuh Total

Cara Mengobati Eritema Multiformis Minor dan Major Hingga Sembuh Total

Cara Mengobati Eritema Multiformis – Penyakit eritema multiformis mungkin merupakan jenis penyakit kulit yang baru di dengar dan cukup aneh di telinga masyarakat karena penyakit ini memang tergolong jenis penyakit kulit langka.

Cara Mengobati Eritema Multiformis

Eritema multiformis ( penyakit EM ) merupakan sebuah penyakit kulit yang terjadi karena reaksi hipersensitivitas kulit yang seringkali dipicu oleh adanya infeksi, terutama infeksi virus herpes simplex.

Pernah dengan berita tentang seorang anak selebriti papan atas yang pingsan di dalam mobilnya karena diduga megalami penyakit EM ini?

Ya, pada umumnya penderita erithema multiforme ini memang mengalami gejala utama seperti lesi kulit kemerahan yang bisa terjadi di siku, lengan, mata, mulut atau bahkan alat kelamin.

Tetapi sebelum kemunculan lesi tersebut, biasanya diawali dengan gejala-gejala lain seperti

  • Demam
  • Lemah
  • Mata merah dan pedih
  • Menggigil
  • Kemaluan terasa perih dan nyeri saat buang air kecil
  • Nyeri sendi
  • Nyeri pada daerah mulut dan tenggorokan, sehingga sulit makan dan minum
  • Penglihatan kabur
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Merasa tidak enak badan.

Ruam atau bercak merah pada penderita eritema multiformis tersebut biasanya berbentuk bulat mendatar, dengan bentuk cincin berwarna gelap yang bagian tengahnya berwarna ungu keabuan.

Selain menimbulkan ketidaknyamanan, kulit yang terkena eritema multiformis ini juga terkadang disertai dengan rasa gatal.

Meski bukan termasuk pada penyakit kulit menular, tetapi eritema multiformis yang sudah parah atau major bisa berakibat fatal dan bahkan membahayakan nyawa penderita.

Untuk itu, apabila Anda mengalami salah satu atau banyak ciri eritema multiformis yang disebutkan di atas tadi, baiknya minta antar pada keluarga Anda untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Terlebih, penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Terutama anak laki-laki maupun dewasa muda.

Semakin penyakit cepat diketahui gejala dari penyakitnya, semakin mudah pula pengobatan eritema multiformis dilakukan.

Hal apa yang sebenarnya menjadi penyebab eritema multiformis?

Begini, meskipun kebanyakan kasus penyakit EM ini tidak diketahui penyebabnya, tetapi pada beberapa kasus eritema multiformis diakibatkan oleh reaksi infeksi virus herpes simplex atau mycoplasma bacteria, serta reaksi dari obat-obatan tertentu seperti halnya antibiotik, antikejang, dan NSAID.

Selain itu faktor genetik, fisik, dan juga berbagai jenis penyakit lain seperti halnya limfoma hodgkin, leukimia, metaplasia myelois, polisitemia, dan multiple myeloma juga bisa menjadi faktor seseorang beresiko mengalami eritema multiformis.

Hasil penelitian yang ada juga menunjukkan bahwa hampir 90% kasus eritema multiformis berhubungan dengan infeksi mikoplasma atau herpes simpleks.

Cara Penanganan Eritema Multiformis Minor dan Major Secara Medis

Pada umumnya, pengobatan eritema multiformis dilakukan untuk mengendalikan penyakit yang mendasarinya, meringankan gejala sekaligus mencegah infeksi terjadi.

Jika Anda memeriksakan kondisi tersebut ke dokter, kemungkinan dokter akan meminta Anda untuk menghentikan penggunaan obat-obatan yang dicurigai memicu gejala penyakit kulit ini. (namun ingat, jangan menghentikan dosis tanpa sepengetahuan dokter).

  • Pengobatan Eritema multiformis ringan atau minor biasanya meliputi

Antihistamin ( untuk mengurangi gatal ), kompres dingin pada kulit, obat antivirus (jika penyebabnya herpes simplex), ibat pereda nyeri non resep (paracetamol, untuk meredakan demam dan nyeri), serta anestesi lokal (untuk meredakan nyeri yang muncul saat makan atau minum ).

  • Pengobatan eritema multiformis parah atau major

biasanya akan diberikan antibiotik (untuk mengatasi infeksi kulit), immunoglobulin yang disuntikan ke dalam infus (untuk menghentikan perkembangan penyakit), kortikosteroid (untuk mengendalikan peradangan), serta perawatan di ICU.

Sedangkan jika eritema multiformis muncul berkali-kali (rekuren) padahal telah dilakukan beberapakali pengobatan, berikut ini berbagai jenis obat yang yang mungkin diberikan untuk mengatasi penyakit kulit tersebut:

  • Azathioprine
  • Cyclosporine
  • Dapsone
  • Mycophenolate mofetil
  • Thalidomide
  • Obat antimalaria, seperti hydroxychloroquine

Pada penyakit eritema multiformis ringan pada umumnya bisa sembuh dengan sendirinya dengan masa penyembuhan sekitar 2-3 minggu tanpa meninggalkan bekas luka.

Tetapi berbeda cerita dengan kasus eritema multiformis mayor, masa penyembuhan biasanya dapat berlangsung hingga 6 minggu dan bisa meninggalkan bekas luka di kulit.

Sebagai tambahan, menjaga kebersihan tubuh dengan menghindari kontak kulit dengan orang lain juga dapat membantu Anda mencegah infeksi sekunder.

Sumber : hellosehat.com , alodokter.com, doktersehat.com , medicastore.com

Posted by : Cara Mengobati Eritema Multiformis Minor dan Major Hingga Sembuh Total on Obat Batu Empedu


» Obat Terkait :

Pengobatan Eritema Multiformis dan Berbagai Jenis Penyakit Kulit

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*