Cara Ampuh Mengatasi Keringat Berlebih Di Tubuh & Telapak Tangan

Cara Ampuh Mengatasi Keringat Berlebih Di Tubuh & Telapak Tangan Secara Alami

Normalnya keringat keluar saat tubuh melakukan kegiatan-kegiatan yang cukup menguras tenaga, makan-makanan pedas, demam, atau pada saat merasakan emosi tertentu seperti marah, malu, atau takut.

Namun bagaimana jika keringat berlebih yang keluar tersebut cenderung terjadi tanpa ada pemicu? Hal ini tentu saja patut dicurigai, karena keringat berlebih bisa saja menjadi tanda adanya gangguan pada kesehatan Anda.

Cara Ampuh Mengatasi Keringat Berlebih Di Tubuh & Telapak Tangan

Sebagian orang mungkin akan merasa terganggu dengan adanya keringat berlebih di tubuhnya, sementara sebagian lagi menganggap enteng masalah ini.

Tetapi disarankan, segera periksakan diri ke dokter jika :

  • Pada malam hari terbangun dengan kondisi kasur sangat basah oleh karena keringat dingin yang keluar dari tubuh
  • Jumlah keringat semakin banyak
  • Keringat berlebih muncul tanpa pemicu yang jelas, berlangsung selama 6 bulan atau lebih
  • Keringat berlebih mulai mengganggu aktivitas sehari-hari
  • Keringat berlebih disertai dengan penurunan berat badan, demam, nyeri dada, detak jantung cepat, dada terasa tertekan atau sesak napas

Ya, berkeringat memang merupakan salah satu proses alami tubuh untuk menyesuaikan suhu tubuh dengan lingkungan sekitar. Caranya adalah dengan mengeluarkan cairan yang mengandung garam melalui kelenjar keringat.

Tetapi jika keringat yang keluar terlalu banyak atau berlebihan, hal ini tentu saja membuat Anda merasakan ketidaknyamanan, terlebih jika keringat itu menimbulkan bau yang tak sedap.

Keringat berlebih atau hyperhidrosis pada umumnya memiliki dua jenis, yakni :

  1. Hyperhidrosis focal primer

Seseorang yang mengalami kondisi ini biasanya akan mengalami keringat berlebih di bagian tertentu, misalnya seperti pada bagian telapak tangan, telapak kaki, ketiak, lipat paha atau hanya di kepala dan wajah.

Diketahui, jika keringat berlebih jenis ini disebabkan oleh adanya masalah pada fungsi sistem saraf, tetapi bukan karena suatu penyakit.

2. Secondary general hyperhidrosis

Sedangkan keringat berlebih jenis ini terjadi pada seluruh bagian tubuh dan biasanya terjadi pada malam hari.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh adanya penyakit tertentu seperti gangguan tiroid, gagal jantung, tuberkulosis, stroke, kanker (limfoma dan leukimia), menopause, cedera tulang belakang, gangguan saraf, penyakit paru-paru, kecanduan alkohol, kecemasan, dan kehamilan.

Tak hanya itu, pengobatan dan suplemen tertentu juga biasa menjadi penyebab keringat berlebih di tubuh. Misalnya seperti obat untuk tekanan darah, antibiotik, obat untuk mulut kering, dan obat yang digunakan untuk menangani masalah kesehatan mental.

Ya, apapun alasannya keringat berlebih memang sangatlah mengganggu dan membuat siapapun yang mengalaminya merasa tidak percaya diri.

Namun jangan khawatir, berikut ini ada beberapa tips dan cara efektif yang ampuh mengatasi keringat berlebih di tubuh secara alami.

Cara Mengatasi Keringat Berlebih Di Tubuh dan Telapak Tangan Secara Alami

Pakai baju tipis yang menyerap keringat

Mengenakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat saat tidur, bepergian, ataupun olahraga merupakan hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi keringat berlebih, misalnya mengenakan celana atau baju dari katun.

Hindari mengenakan pakaian dari bahan polyester atau sintetis yang tidak bisa menyerap kelembapan.

Pilih pakaian longgar

Pakaian ketat bisa membuat tubuh dan kulit sulit bernapas. Untuk itu, baiknya pilih pakaian yang pas atau agak longgar di badan,terutama jika Anda harus pakai baju beberapa lapis.

Cara Ampuh Mengatasi Keringat Berlebih Di Tubuh & Telapak TanganKendalikan stres

Ya, stress bisa membuat tubuh Anda semakin berkeringat. Untuk itu, mulai dari sekarang Anda harus belajar teknik mengendalikan stres dan emosi. Misalnya seperti denganmeditasi,yoga, menarik napas dalam, menikmati suasana alami serta berkonsultasi dengan terapis psikologi.

Hindari makan-makanan pedas

Tak sedap rasanya jika suatu makanan, seperti halnya mie atau apapun itu tidak pedas. Tetapi sebaiknya mulai dari sekarang batasi konsumsi makanan pedas untuk menurunkan produksi keringat berlebih.

Jaga berat badan idealmu

Diketahui jika orang dengan kelebihan berat badan (obesitas) akan memerlukan energi lebih besar untuk bergerak dan beraktivitas. Akibatnya, suhu tubuh lebih cepat meningkat dan berkeringat lebih banyak. Untuk itu, pastikan menjaga berat badan Anda tetap ideal.

Gunakan antiperspirant

Jika memakai deodoran biasa tak juga mencegah keringat berlebih, cobalah pakai deodoran yang mengandung antiperspirant lebih kuat yang dijual di apotek atau toko obat.

Anda juga bisa mendapat produk khusus yang diresepkan dokter jikamemang butuh deodoran yang formulanya lebih manjur.

Pastikan selalu membawa antiperspirant di tas dan sebaiknya tak lupa memakainya sebelum tidur karena di malam hari produksi keringat tak sebanyak di siang hari.

Dengan begitu, antiperspirant akan lebih cepat diserap kulit dan kelenjar keringatsehingga efeknya akan lebih manjur.

Periksa ke dokter

Jika berbagai cara di atas tak juga membuat keringat berlebih Anda mereda, mungkin Anda perlu mendapat penanganan dari dokter seperti botox, minum obat-obatan khusus yang diresepkan dokter atau operasi.

Keringat berlebih bisa mengganggu aktivitas dan menurunkan kepercayaan diri. Meski tidak semua keringat berlebih menandakan jika tubuh Anda memiliki penyakit berbahaya, tetapi jika disertai gejala lain dan atau semakin mengganggu, dianjurkan untuk segera berkonsultasi ke dokter.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*