Ini Bahayanya Jika Selulitis Tidak Segera Diobati

Ini Bahayanya Jika Selulitis Tidak Segera Diobati Dengan Baik

Bahaya Selulitis / Infeksi Kulit Bagian Dalam – Selulitis atau lebih dikenal sebagai infeksi kulit ini umumnya bisa menyerang siapa saja, pria/wanita, tua ataupun muda.

Terlebih pada orang yang memiliki kondisi kaki atlet, kulit lecet, sistem kekebalan tubuh yang buruk, kelebihan berat badan, menderita diabetes, serta orang dengan penggunaan suntikan obat-obatan terlarang.

Kondisi ini biasanya bisa menyerang semua bagian tubuh, namun yang paling sering ialah menyerang bagian kaki.

Bahaya Selulitis

Sekedar informasi saja, meskipun selulitis bukanlah penyakit kulit menular, tetapi selulitis merupakan kondisi penyakit kulit berbahaya yang harus mendapatkan penanganan segera mengingat infeksi ini dapat menyebar melalui kelenjar getah bening dan pembuluh darah dengan menyerang jaringan di bawah kulit.

Gejala yang bisa dikenali dari penyakit selulitis ialah bagian yang terinfeksi akan terasa hangat, merah, dan membengkak. Terkadang, kondisi ini juga diikuti dengan penyebaran area bengkak dan merah yang menandakan jika selulitis semakin parah.

Disamping itu, Anda juga akan merasa tidak enak badan seperti halnya gemetar dan demam dalam waktu 24 jam.

Jika Anda memiliki gejala-gejala selulitis tersebut sebaiknya jangan tunda lagi untuk memeriksakan kondisi Anda ke dokter, karena dalam beberapa kasus selulitis bisa menjadi parah dan menyebabkan jaringan yang terinfeksi rusak.

Terlebih jika selulitis yang dialami didukung dengan daya tahan tubuh yang lemah, serta kebiasaan Anda yang tidak pandai menjaga kebersihan.

Selulitis bisa semakin parah, bernanah, dan bahkan bisa menyebabkan adanya jaringan nekrosis ( yakni kematian sel sebagai akibat dari adanya kerusakan jaringan, yang menyebabkan peradangan ).

Seperti dikutip dari health.detik.com , menurut dr Eddy Karta, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin di EDMO Clinic Jakarta Mengungkapkan, jika selulitis merupakan infeksi yang cepat membesar dan menjalar. Misalnya hanya karena banyak berjalan (jika terjadi pada kaki), infeksi ini bisa menjadi lebih berat. Keterlambatan pengobatan akan membuat penyakit lebih sulit untuk diobati.

Lanjutnya, Risiko akan menjadi lebih tinggi jika selulitis berada di area organ yang lebih vital. Selulitis di wajah bisa menjalar ke mata sehingga risiko menjadi lebih berat. Selulitis juga bisa menyebabkan penyebaran infeksi ke seluruh tubuh yang dikenal dengan sepsis, yakni suatu kondisi yang berbahaya.

Komplikasi dan Bahaya Selulitis Lainnya, Meliputi:

  • Infeksi darah
  • Infeksi tulang
  • Limfadenitis
  • Gangrene
  • Penyebaran infeksi ke lapisan terdalam atau fascial lining (necrotizing fasciitis), yang merupakan kegawatdaruratan medis.

Jika tidak ingin menanggung risiko dari kondisi penyakit tersebut, mulai dari sekarang jangan sekali-kali mengabaikan gejala yang diberikan tubuh.

Apapun penyakit dan gejalanya, segera periksakan ke dokter. Jangan ambil risiko dengan membiarkan penyakit tersebut berkembang dan tidak tertangani dengan baik.

Demikian sedikit informasi mengenai akibat dan bahaya selulitis yang tidak segera ditangani. Semoga dengan adanya informasi ini menjadikan Anda lebih waspada dan tidak lagi menyepelakan hal kecil seperti halnya gatal yang terjadi pada kulit.

Terimakasih telah berkunjung dan menyimak artikelnya sampai habis, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda…

Posted by : Ini Bahayanya Jika Selulitis Tidak Segera Diobati

Obat Untuk Menyembuhkan Selulitis Dari Luar dan Dalam

Cara Menyembuhkan Selulitis Secara Alami dan Aman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*