6 Bahaya Batu Empedu Jika Tidak Ditangani Secepatnya

Inilah 6 Bahaya Batu Empedu Jika Tidak Ditangani Secepatnya

6 Bahaya batu empedu jika tidak ditangani secepatnya – Penyakit apapun itu jika tidak mendapatkan penanganan serius, terlebih dibiarkan tanpa melakukan pengobatan apapun bisa memicu bahaya bagi penderitanya, begitu juga batu empedu.

6 Bahaya Batu Empedu Jika Tidak Ditangani Secepatnya

Meskipun awalnya penyakit ini jarang ditemui gejalanya, tetapi pada akhirnya batu empedu bisa memicu komplikasi yang sangat berbahaya bila tidak mendapatkan penanganan.

Terlebih jika batu menyumbat saluran empedu atau pindah ke sistem pencernaan bisa memicu komplikasi yang cukup serius.

Komplikasi dan Bahaya Batu Empedu Jika Tidak Ditangani Secepatnya

Adapun selain menimbulkan penyumbatan pada saluran empedu, batu empedu yang kecil atau pun besar bisa memicu bahaya dan beberapa komplikasi yang harus diwaspadai, beberapa di antaranya seperti:

  • Radang kantong empedu akut ( kolesistitis )

Ini terjadi saat cairan empedu menumpuk dalam kantong empedu akibat batu empedu ada yang menyumbat saluran keluarnya cairan tersebut, sehingga dapat menimbulkan gejala berupa rasa sakit di perut bagian atas yang menjalar ke tulang belikat, detak jantung cepat, dan demam tinggi.

  • Pankreatitis akut

Radang pankreas / pankreatitis merupakan salah satu komplikasi yang dapat terjadi jika batu empedu keluar dan menyumbat saluran pankreas.

Hal ini bisa menyebabkan sakit hebat pada bagian tengah perut, dan sakit akan bertambah parah dan menjalar ke punggung, terutama setelah makan.

Gejala pankreatitis akut lainnya, seperti : diare, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, demam tinggi dan sakit kuning .

  • Abses kantong empedu

Cairan berupa nanah juga terkadang muncul pada kantong empedu akibat infeksi parah. Jika ini terjadi, tak cukup dengan antibiotik saja tetapi perlu disedot untuk mengeluarkan nanah.

  • Peritonitis

Komplikasi ini terjadi akibat pecahnya kantong empedu yang mengalami peradangan, sehingga penanganannya memerlukan infus antibiotik hingga operasi untuk mengangkat bagian peritoneum yang mengalami kerusakan parah.

  • Penyumbatan saluran empedu

Seperti yang dikatakan tadi, batu empedu bisa menyumbat saluran empedu yang notabene rentan terserang bakteri penyebab infeksi.

Komplikasi ini umumnya dapat ditangani dengan antibiotik dan prosedur kolangiopankreatografi retrograd endokopik (ERCP), dengan gejala berupa sakit pada perut bagian atas yang menjalar ke tulang belikat, demam tinggi, sakit kuning, meriang, gatal pada kulit dan linglung.

  • Kanker kantong empedu

Dan bahaya atau komplikasi akibat batu empedu yang tidak ditangani secepatnya adalah bisa memicu tingginya risiko terkena kanker kantong empedu.

Meski demikian, kemungkinan terjadinya sangat jarang dan bahkan bagi orang yang berisiko tinggi karena faktor keturunan sekalipun.

Walaupun kanker kantong empedu sangat jarang terjadi, Anda tetap harus waspada terutama jika mengalami gejala seperti demam tinggi, sakit kuning dan sakit perut.

Baca juga : Jenis Makanan Penyebab Batu Empedu Makin Parah

Yang harus Anda ingat! apapun itu, komplikasi akibat penyakit batu empedu sangatlah berbahaya. Semakin cepat keberadaan batu empedu diketahui, makan semakin tinggi pula tingkat kesembuhan yang dimiliki.

Demikian penjelasan singkat mengenai bahaya batu empedu yang tidak ditangani secepatnya. Semoga bermanfaat dan membuat Anda selalu waspada akan sinyal-sinyal sekecil apapun yang diberikan tubuh.

Sampai jumpa di artikel berikutnya …

Posted by : 6 Bahaya Batu Empedu Jika Tidak Ditangani Secepatnya on Obat Batu Emepdu Alami

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*